Tips-tips mengikuti ujian di Ekstensi FEUI

Ujian Tengah Semester sebentar lagi dan tinggal menghitung jari. Mungkin salah satu dari temen-temen belum terbiasa dengan ujian seperti di kampus atau fakultas sebelumnya. Berikut akan kami tampilkan tips-tipsnya:

1. Kisi-kisi dan bentuk ujian. Biasanya sebelum ujian beberapa dosen akan memberikan kisi-kisi, namun misalnya ujiannya pararel belum tentu kisi-kisi dari dosen tsb masuk. Jadi ujian pararel itu maksudnya gabungan soal-soal yang dibuat oleh tim dosen dan dipilih serta digabung kembali dalam satu soal. Biasanya sebelum ada ujian, beberapa dosen dalam satu mata kuliah akan mengadakan rapat dalam pembuatan soal. Namun ada juga dosen yang membuat soal sendiri diluar dari soal tim dosen.

2. Mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya dan mencari bahan-bahan ujian. Kalau bisa belajarnya jangan sendiri aja, lebih bagusnya belajarnya bareng-bareng di perpus + whiteboard & spidol atau bisa juga di tempat makan biar santai. Bisa juga di downlot di internet atau disini. Nah, gimana yang kalau yang udah kerja ada bagusnya dipersiapkan dari awal dan pinter-pinter ngatur waktu untuk belajar mungkin pas weekend:D

3. Cek Jadwal dan waktu. Jadwal dan waktu ujian bisa diliat di SIAK di tab “Jadwal” kemudian pilih “Jadwal Ujian” atau bisa dilihat juga di papan komunikasi sekretariat. Pastinya kalau di ekstensi itu kan masuknya malam, kalau bisa berangkat kampusnya lebih cepat dari biasanya, karena bila kita terjebak macet kan sayang waktunya banyak terbuang.

4. Cek ruang ujian. Selain liat di SIAK dan papan komunikasi sekretariat bisa juga liat disini Depok  dan Salemba

5. Persiapan dan Alat ujian. Selain belajar ada hal lain yang mungkin keliatannya kecil seperti alat2 ujian dan juga kalau ujiannya hitungan bawa juga kalkulator.

6. Cek dan Bawa kartu ujian. Ini hal yang paling penting, karena kalo gk bawa bisa denda 50.000 selain itu juga bisa menimbulkan kepanikan menjelang ujian yang bisa bikin blank.

7. Istirahat sebelum menghadapi ujian. Otak juga perlu istirahat, beri waktu sejenak sebelum kita masuk menghadapi ujian. dan kalau bisa ke WC dulu biar nanti di kelas gak bolak-balik.

8. Baca petunjuk ujian. Sebelum kita mengerjakan ujian baca petunjuknya lebih dulu, kalau bisa kerjakan yang lebih mudah dulu baru yang susah.

9. Jangan Sekali-kali menyontek. yang ini gk usah di jelasin lagi, di FEUI sendiri gk main-main kalo ada yang ketauan bisa Di “CUTI-kan” satu semester.

10. Berdoa. Nah, kita sebagai manusia yang jauh dari sempurna juga perlu bantuan dari Tuhan. Mari kita biasakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebelum ujian.

Sekian tips-tipsnya semoga bermanfaat. Selamat belajar dan selamat mengerjakan ujian #SemangatEKSTENSI!

Kata kunci pencarian:

soal ekstensi ui, yhs-0001, contoh soal ekstensi UI, soal tes ekstensi ui, contoh soal ujian masuk ekstensi ui, soal ujian ekstensi ui