Finally…The Winner of Futsal Extension Cup 2011

 

“Extend Your Sports Talent” begitulah bunyi tema Extension Cup tahun ini. Sebelum mulai, sebenernya apa sih extension cup itu? Jadi Extension Cup merupakan sebuah program kerja berupa kompetisi olahraga yang diadakan oleh divisi Seni dan Olahraga BEM Ekstensi FEUI dari tahun ke tahun, tujuanya tentu saja mengembangkan semangat dan sportivitas mahasiswa dalam berolahraga. Sesuai temanya kali ini extension cup tidak hanya kompetisi Futsal, namun juga ada kompetisi bulu tangkis. Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang kompetisi futsal saja di extension cup, lansung aja kita mulai.

Extension cup berlangsung selama 7 hari dengan tanggal yang berbeda, bertempat di lapangan futsal golden sports center dan di pertamina hall FEUI. Mungkin kebanyakan anak ekstensi sudah bekerja, makanya event ini diadakan setiap hari sabtu dan minggu dari tanggal 19 november sampai 10 desember. Cukup lama juga sih acaranya, tapi kompetisi ini berlangsung seru dan penuh sportifitas. Kemudian bicara soal tim, ada 19 tim yang bertanding pada kompetisi ini. Tim-tim tersebut yaitu tim yang diundang dari seluruh elemen mahasiswa fakultas di Universitas Indonesia seperti AFC dan ST Wanna be dari Ekstensi FTUI, Just for fun FC dari Ekstensi FISIP UI dan sebagainya. Memang kebanyakan yang bermain itu anak ekstensi, tapi ada juga tim-tim yang berasal dari sarjana reguler, vokasi serta alumni seperti tim Xtnc, Enjoy FC  dan tim-tim futsal alumni UI lainnya.

IMG 2647 Large Finally...The Winner of Futsal Extension Cup 2011Hari pertama pertandingan futsal extension cup diawali oleh tim X-Men (ekstensi manajemen 2010) melawan tim Alumni Xtnc (ekstensi FEUI), kemudian dilanjutkan oleh tim lucu-lucuan FC melawan tim Enjoy FC dan sampai pertandingan terakhir babak klasemen futsal extension cup yaitu tim Salep 88 versus tim Akun ‘10. Karena kompetisi futsal extension cup disini menggunakan sistem grup atau klasemen, maka dari 4 grup tersebut masing-masing hanya 2 tim saja yang akan maju ke perempat final.

 

IMG 4468 Large Finally...The Winner of Futsal Extension Cup 2011

Setelah babak perempat final selesai maka langsung saja saatnya kita menuju ke semi final. Tim-tim yang maju ke babak ini beserta lawan tandingnya yaitu pertama tim AFC melawan tim futsal dari Ekstensi FISIP UI, Lucu-lucuan FC. Pertandingan berlangsung cukup sengit, kedua tim ini saling berbalas-balasan gol. Tim lucu-lucuan FC mempunyai pertahanan dan kiper yang handal. Namun sayangnya permainan mereka bisa dipatahkan oleh AFC yang nyatanya lebih lincah dan taktis dalam membuat serangan balik, sehingga skor pun berakhir dengan tipis yaitu 4-3.

 

IMG 4610 Large Finally...The Winner of Futsal Extension Cup 2011Kemudian pertandingan semi final kedua tim PSVokasi UI versus tim Xtnc. Tim alumni Xtnc dikenal sebagai tim veteran ekstensi FEUI dan seringkali mendapat gelar juara pada event extension cup tahun-tahun sebelumnya.  Awalnya tim Xtnc yang bermain cukup keras berhasil membuat skor tim PSV UI tertinggal jauh. Biarpun lebih muda dari tim alumni Xtnc namun tim PSV UI cukup terlatih, sampai akhirnya mereka bisa membalikan keadaan walaupun pertandingan berakhir seri dengan skor 6 sama. Karena seri, keputusan yang diambil selanjutnya adalah babak penalti. Faktor konsentrasi dan keberuntungan sangat memainkan peran pada babak ini. Penalti pertama kedua tim berhasil membuat gol. Namun penalti kedua salah satu pemain dengan nomor punggung 10 Xtnc gagal membuat gol penalti, tendangannya membentur tiang gawang. Skor penalti berakhir 3-2, sehingga membuat tim Xtnc harus pulang dan PSV UI maju ke babak final mencoba menaklukan tim AFC.

 

IMG 4649 Large Finally...The Winner of Futsal Extension Cup 2011Saat yang ditunggu-tunggu tiba juga, pertarungan terakhir yang sangat mendebarkan. Suara riuh penonton dan supporter cukup menggelegarkan lapangan futsal pertamina hall saat itu. Sebelum pertandingan dimulai, mereka berkumpul mempersiapkan strategi dan saling memberikan kata-kata motivasi. Pertandingan pun dimulai, banyak serangan yang dilakukan oleh kedua tim tersebut. Tim PSV UI seringkali melakukan pelanggaran. Sehingga tim AFC mempunyai banyak kesempatan untuk mencetak gol dengan tendangan bebas. Babak pertama pun berakhir, tim AFC unggul dengan skor 4-2 atas tim lawannya dilanjutkan ke babak kedua. Tim PSV UI mencoba membalas serangan, namun sayangnya usaha untuk mencetak gol tersebut banyak yang gagal. Dan akhirnya wasit pun membunyikan peluit. Gol terakhir yang dibuat oleh Naufal, salah satu pemain AFC berhasil mengeksekusi PSV UI dengan skor dahsyat 6-4. Para pemain AFC berlari dan langsung merayakan kemenangan mereka. PSV UI menerima kekalahannya dengan sikap sportif ditunjukan dengan saling berjabat tangan antar kedua tim.

Malam selebrasi dan penyerahan trophy pun dimulai. Para panitia extension cup saling berderet untuk menyambut dan mengucapkan selamat pada kedua tim. PSV UI mendapat kesempatan pertama untuk mengambil trophy juara II. Kemudian disusul oleh larian penuh semangat oleh para pemain AFC yang mendapat  piala sebagai juara I extension cup periode 2011. Belum selesai, PSV UI walaupun runner-up, pemainnya yang bernama Rio Prakoso mendapat gelar sebagai “Top Scorer” selama dari awal pertandingan futsal extension cup berlangsung.

Ternyata ada hal yang cukup mengejutkan ketika tim dari kominfo BEM Ekstensi FEUI mewancarai beberapa hal termasuk menanyakan persiapan apa saja yang dilakukan oleh mereka dalam mengikuti kompetisi ini. Jones, salah satu pemain AFC katanya “Sebenernya sih nggak ada target untuk menang”. Selain itu, kami pun sempat menanyakan ucapan khusus untuk BEM Ekstensi FEUI sebelum wawancara selesai. “Kompetisi olahraga seperti ini nih yang ngebuat EKSISTENSI daripada siapa EKSTENSI pun terlihat, acara kaya gini nih perlu diadain lagi” jawabnya.

pemenang12 Large Finally...The Winner of Futsal Extension Cup 2011

Kemenangan AFC (Ekstensi FT UI) akhirnya menggoreskan sebuah ‘sejarah’ baik pada Extension Cup 2011 maupun bagi seluruh mahasiswa ekstensi serta mahasiswa lainnya. Siapakah juara extension cup selanjutnya? Kita lihat saja tahun depan. KEEP YOUR SPIRIT EXIST ‘TILL THE NEXT EXTENSION CUP!!

More gallery check out on our FB profile

Kata kunci pencarian:

gambar kata kata futsal, tema maskot lucuan