Tips Memilih Laptop Baru

4696bb7e2408f5648300bf164ca997b9 Tips Memilih Laptop Baru
Setiap orang yang ingin membeli laptop baru, banyak yang masih kebingungan dalam mempertimbangkan keputusan produk atau merek laptop apa yang akan dibelinya. Kehadiran puluhan brand atau merk laptop di pasaran, serta juga harga jual laptop ikut mempengaruhi pembelian. Tentunya cukup membingungkan bagi sebagian dari Anda yang saat ini memang memerlukan sebuah laptop baru.
Berikut ada beberapa tips dalam membeli laptop baru yang patut menjadi bahan pertimbangan anda:
1. Brand menentukan kualitas
Ini merupakan hal yang sudah biasa, laptop dengan brand yang terkenal pasti memiliki kualitas yang baik. Bukannya tanpa, tapi coba Anda perhatikan, laptop-laptop dengan brand terkenal biasanya memiliki harga relatif tinggi jika dibandingkan dengan brand biasa. Ini bukan karena mereka menang di brand atau sebagainya makanya membuat harga yang mahal. Melainkan karena produk yang diciptakan juga memiliki standar kualitas yang baik serta berbagai komponen laptop tersebut memang menggunakan komponen yang bagus juga.

Selain itu, laptop dengan brand terkenal juga masih memiliki nilai jual kembali cukup tinggi nantinya. Jadi memilih brand juga tergolong penting pada saat Anda ingin membeli laptop baru. Itulah kenapa Brand saya masukkan sebagai item pertama dalam tips membeli laptop baru.

2. Jika Anda mampu membelinya, mendapatkan sistem dengan SSD.

Tips membeli laptop baru yang kedua yaitu pilihlah laptop dengan disk SSD. Itu singkatan dari “solid-state drive,” disk drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak dan karena itu berjalan lebih cepat, menghasilkan lebih sedikit panas, dan mengkonsumsi daya lebih hemat dari hard drive yang biasa. Memang harga lebih mahal dan ruang penyimpanan lebih sedikit dibanding dengan hard drive yang berukuran 500GB. Kebanyakan untuk di laptop mereka menggunakan kurang dari 100GB.
Memang, meskipun SSD 128GB mungkin tampak seperti downgrade dibandingkan dengan, hard drive 500GB, namun manfaat kecepatan jauh lebih bernilai walau menambah uang ekstra.
3. Dapatkan setidaknya 4GB RAM.
Saat ini setidaknya paling sedikit memori RAM yang anda beli adalah berukuran empat gigabyte. Semakin besarnya aplikasi, maka semakin besar memerlukan memori RAM. Apalagi jika Anda menggunakan OS Windows 8. Jangan sampai jika Anda menjalankan aplikasi sangat lambat karena memori yang kurang.
4. Coba sebelum Anda membeli.
Upayakan untuk dapat mencoba terlebih dahulu sebelum membelinya, walau memang kadang kita malas untuk berangkat ke toko langsung. Tentu, Anda dapat berbelanja online berdasarkan spesifikasi dan harga, tetapi Anda tidak dapat menguji secara langsung, misalnya untuk keyboard dan trackpadnya. Demikian juga, periksa layar : apakah mengkilap dan terlihat lebih silau? Bila memungkinkan, cobalah untuk meletakkan tangan pada laptop sebelum membelinya.
5. Perhatikan garansi yang diberikan
Selain memperhatikan spesifikasi dan brand, keberadaan garansi juga merupakan hal penting. Pada saat Anda ingin membeli laptop, coba perhatikan berapa lama waktu garansi yang diberikan oleh produsennya. Karena tidak semua laptop memberikan waktu garansi yang sama. Mungkin ada yang memberikan garansi selama satu tahun, atau bahkan ada juga yang memberikan waktu garansi selama dua tahun.
Semakin lama waktu garansi yang diberikan akan semakin baik. Jangan takut mengurus garansi bila suatu saat laptop Anda mengalami kerusakan. Selain dengan menghemat uang, laptop Anda juga akan diperbaiki teknisi resmi dari penyedia brand laptop tersebut. nah tidaklah salah bukan jika Garansi saya masukkan dalam salah satu tips membeli laptop baru. Anda juga sebaiknya berhati-hati apabila membeli laptop tersebut di toko online sebaiknya selalu memperhatikan garansi yang diberikan juga oleh penjual laptop tersebut.
6. Saat ini Processor tidak terlalu hal yang utama.
Tips Saat ini semua processor yang mempunyai kecepatan yang baik apalagi jika didukung dengan memori 4 GB tadi. Jadi pilihan prosessor untuk sebuah laptop yang hanya dipakai untuk pekerjaan kantor sehari-hari, tidaklah menjadi perhatian khusus. Terkecuali Anda melakukan tugas berat seperti: editing video atau bermain banyak pada games dengan grafis yang intensif.