APRIL – Salah Satu Produsen Kertas Terbesar Di Dunia


Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) merupakan produsen utama bubur kertas terbesar di kawasan Asia dan mungkin tidak hanya kebetulan semata jika perusahaan kertas sebesar APRIL memiliki lahan produksi yang berpusat di Kabupaten Kerinci, Provinsi Riau, Sumatra, Indonesia. Ya, betul sekali. APRIL merupakan salah satu perusahaan kertas terbesar di dunia yang berpusat di Indonesia. Itu berarti apa yang diproduksi APRIL merupakan hasil dari bumi pertiwi kita Indonesia. 

 

Kebanggaan Indonesia

Tidak dapat diragukan lagi jika Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah mulai dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti hutan, air, dan energi matahari sampai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti barang tambang dan lain sebagainya. Nah, yang digunakan APRIL Asia sebagai bahan baku pembuatan kertas dan juga serat tentu saja berasal dari kayu yang merupakan satu hasil hutan yang paling bernilai. Namun APRIL sendiri memiliki komitmen jika mereka tidak akan merusak kelestarian alam hanya untuk mencari keuntungan pribadi. Untuk itu APRIL Asia membuka lahan konservasi sendiri dimana mereka mengembangkan beberapa jenis pohon yang baik untuk bahan baku pembuatan kertas.

Salah Satu Yang Terbesar di Dunia

Sumatra dikenal sebagai kawasan hutan hujan tropis yang banyak menghasilkan jenis-jenis pohon berkualitas tinggi untuk dijadikan bahan baku industri. Mungkin karena itulah APRIL Asia memusatkan kegiatan mereka di Sumatra dan akhirnya mengantar mereka menjadi salah satu produsen serat dan juga bubur kertas terbesar di seluruh dunia. Salah satu produk ternama mereka adalah PaperOne. Dan tentu saja masih banyak lagi produk APRIL yang tersebar luas di seluruh pelosok dunia. Untuk di Asia sendiri, pasar utama APRIL Asia adalah Cina yang kemudian diikuti oleh Korea, dan Indonesia.