Beberapa Istilah dalam Hotwheels

Saat ini tidak lagi hanya sekedar mainan saja, namun bagi Anda yang memiliki hobi mengoleksi hotwheels sudah sangat lumrah terjadi. Seperti kita ketahui Hot Wheels merupakan mainan mobil berbahan metal (die cast) yang diproduksi oleh produsen mainan anak-anak, Mattel Inc., Amerika Serikat, sejak tahun 1968, yang juga memproduksi mainan mobil-mobilan bermerek Matchbox yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak tahun1970’an. Saat ini pun anda bisa menemui jenis diecast antik (second) ini di berbagai toko lokal maupun situs jual beli dengan harga jual diecast yang sangar bervariatif. Untuk anda para pengolektor diecast hotwheels, dibawah ini ada beberapa istilah yang sangat direkomendasikan dalam mengoleksi mainan hotwheels.

Blister

Blister adalah sebuah bentuk kemasan dalam penjual diecast, dimana kemasan tersebut terdiri dari plastik bening dan kertas karton (card) yang di segel (heat seal coating), dimana dalam kemasan blister umumnya terdapat lubang yang memungkinkan diecast tersebut digantung. Contohnya adalah kemasan Hot Wheels.

Mint

Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa (seperti baru), namun tanpa kemasannya. Biasanya bekas pajangan, bukan bekas dimainkan.

Super Mint / Rare

Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa sekali (seperti baru) serta berada dalam kemasannya. Karena die-cast yang super mint susah didapat, sering juga disebut rare. Rare beda istilah dengan rare (langka) di Hot Wheels, misalnya Hotwheels Super Treasure Hunt. Rare-nya Hot Wheels karena memang dibuat dalam jumlah terbatas (sedikit).

Chip

Istilah ini dipakai untuk noda atau goresan berbentuk titik (bocel) pada mobil die-cast.

Scratch

Istilah ini dipakai untuk goresan berbentuk garis pada cat mobil die-cast.

Akrilik

Sejenis plastik/fiber berwarna bening biasanya dipakai untuk membuat rak die-cast. Atau ada juga die-cast yang dikemas menggunakan kotak akrilik supaya kelihatan lebih eksklusif. Contohnya Saico Street Tuner.

Blister : Bungkusan hotwheels

LOOSE : artinya blister sudah dibuka. Ada yg masih disimpen ato langsung dibuang.

Super mint /rare : istilah para kolektor untuk menyebut diecast dalam kondisi istimewa (seperti baru) serta berada dalam kemasannya, karena diecast supermint susah didapat maka sering disebut rare (langka) , misalnya: tomi merah, atau tomi box hitam, tomi limited.

“first shot” : kondisi dimana mobil baru selesai dicetak

“factory sealed”: terdiri dari satu paket edisi tertentu lengkap yang digabung dalam 1 kemasan besar, disegel langsung dari pabrik dan produksinya terbatas.

‎”error” : produk cacat yang tidak disengaja dari pabrik, seperti beda posisi, missing tampo, salah blister, dll, biasanya ini kebetulan dan kejadian langka yang unik.

“Chase Car”: terdapat signature tersendiri yg unik dan juga produksinya lebih sedikit. contohnya hotwheels edisi phil’s garage dan larry’s garage, yang masing-masing di beberapa mobil tertentu ada tanda tangannya mereka di bagian bawah / chassisnya.

Display Case : Kotak/ box diecast yang berbahan Plastik/ akrilik.

ZAMAC : Singkatan dari Zinc, Aluminum, Magnesium, and Copper alloy, yang merupakan bahan dasar dari diecast.

sumber