Transformasi Instagram

Instagram pada awalnya adalah aplikasi berbagi foto yang eksklusif untuk pengguna iOS hingga mereka memutuskan untuk merambah pasar berbasis android. Voila dalam sekejab mereka berhasil memecahkan rekor 1 juta pengunduh dalam sehari. Dengan langkah berani tim instagram yang terdiri dari 9 orang tersebut memperluas segment pasar mereka dan memutuskan untuk menjual industri mereka pada facebook sebesar  1 milliar dollar.

Langkah ini dirasa cukup tepat bagi tim Instagram yang baru berumur 2 tahun. Di era perkembangan digital khususnya social media, siklus hidupnya terasa semakin pendek. Ambil contoh myspace yang  mengalami degenerasi setelah hadirnya facebook. Begitu pula dengan instagram, pada akhirnya globalisasi dan bussiness trends telah membuat mereka bertransformasi marketing service dari instagram.  Instagram tidak sendirian dalam sejarah akusisi dengan raksasa internet. Sebelum youtube juga mengalami hal yang sama ketika diakusisi oleh google.

Para pengamat  melihat instagram bisa jadi senjata perang facebook yang cukup handal. Keputusan akusisi ini sama- sama menguntungkan bagi pihak instagram dan facebook namun para penggunanya malah merasa dirugikan dengan adanya akusisi ini. Namun pengamat lain juga menyayangkan karena peleburan ini merupakan tanda adanya pasar monopolistik di dunia internet.

screenshot 20120409 134630 Transformasi Instagram

Instagrammers merasa mereka kehilangan privasinya ketika instragram akan dilebur ke facebook meski belum ada keputusan resmi startegi dari  facebook ke depannya. Tak sedikit dari pengguna yang segera membackup foto mereka dan menghapus akunnya.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai 30 juta, facebook harus lebih berhati – hati dalam strateginya. Alih – alih melakukan blackening filter  ( lelucon para instragrammer kepada facebook mengingat facebook pernah membeli gowalla hanya untuk mematikannya) sebaiknya facebook menjaga instagram terpisah dari lingkungan facebook yang terintegrasi bahkan membuat instagram tetap fokus di pasar foto adalah yang terbaik.

Facebook juga harus mempertimbangkan ladang baru yang telah diciptakan instagram sebelumnya bagi  para creative industry misalnya :

  1. BuyMyCrap. : disini ada anda dapat membuat gelang dari foto- foto instagram anda
  2. Casetagram : disini ada anda dapat membuat casing iphone  dari foto- foto instagram anda
  3. ImageSnap  : disini ada anda dapat membuat ceramic tiles dari foto- foto instagram anda
  4. Printstagram : disini ada anda dapat membuat stiker dari foto- foto instagram anda:
  5. StickyGram : disini ada anda dapat membuat magnet bergambar dari foto- foto instagram anda
  6. Calendagram : disini ada anda dapat membuat kalender dari foto- foto instagram anda

 

Kata kunci pencarian:

mahasiswa ekstensi fiskal ui
About Argado Simarmata

Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.