Pernyataan Penolakan Pemecatan Dekan FKUI

Latar belakang:

-    Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga (ART) Universitas Indonesia atas keputusan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) No. 01/SK/MWA-UI/2003 pada pasal 37 (3 k) tentang Tugas dan Tanggung Jawab Rektor, bahwa Rektor memiliki wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan pimpinan fakultas (Selanjutnya dijelaskan pada pasal 43 yang dimaksud dengan pimpinan fakultas adalah dekan dan wakil dekan)

-    Namun, wewenang rektor, dalam hal ini Prof. Dr. der Soz. Gumilar R. Somantri menjadi terbatasi dengan terbitnya  surat dari Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) No. 043/H2.MWA/OTL 00/2012 yang pada poin 3 dinyatakan bahwa pengangkatan ataupun pemberhentian Dekan yang baru dilaksanakan oleh Rektor UI yang baru.

-   Pada Pasal 5 point 2h ART UI dinyatakan bahwa tugas MWA UI adalah menangani penyelesaian tertinggi atas masalah-masalah yang ada dalam Universitas.

-  Berdasarkan Hirarki Peraturan di Universitas Indonesia (Pasal 2 ART UI), maka hirarki peraturan yang berlaku dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah:

a)       PP  No. 152 Tahun 2000

b)       ART UI

c)       Keputusan MWA UI

d)       Keputusan Rektor

e)       Keputusan Dekan dan Ketua program pascasarjana

f)        Keputusan ketua departemen dan Ketua program pascasarjana fakultas

g)       Keputusan ketua program studi

Dapat terlihat bahwa secara struktural, keputusan MWA secara sah mengatasi keputusan rektor.

Dengan menimbang berbagai fakta diatas, maka Badan Eksekutif Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (BEM PE FEUI) menyatakan sikap:

  1.  Menolak pemecatan Dekan FKUI (dr. Ratna Sitompul) karena mengacu pada kesepakatan MWA UI dan rector bahwa seharusnya yang mengangkat dan memberhentikan dekan baru adalah Rektor UI yang baru.
  2. Menganggap Rektor UI melakukan tindak diskriminatif terhadap Dekan FKUI dengan mengembalikannya ke Departemen Kesehatan dengan mengabaikan poin-poin kesepakatan yang sudah dibuat selama masa transisi.
  3. Menghimbau Rektor UI dengan tegas agar melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai dengan prinsip, norma, nilai yang berlaku di Universitas Indonesia.
  4.  Segera mencabut kembali surat pemecatan dr. Ratna Sitompul (Dekan FKUI) dengan mengacu kembali kepada ART UI bahwa keputusan MWA UI adalah lebih tinggi dari keputusan rector secara hirarki dan keputusan MWA UI adalah sebagai penyelesaian tertinggi masalah yang terjadi di Universitas.
Source: BEM PE FEUI 2012