Jer Basuki Mawa Beya di dalam kepemimpinan

Jer Basuki Mawa Beya adalah tulisan dalam bahasa jawa. Saya sebagai orang Jawa pasti mengerti arti dari tulisan tersebut dan saya merupakan orang Jawa Timur yang menggunakan tulisan itu dalam lambang Jawa Timur. Jer Basuki Mawa Beya adalah semboyan atau motto Jawa Timur yang artinya adalah setiap keberhasilan membutuhkan pengorbanan maksud dari arti ini adalah untuk mendapatkan sesuatu harus mengorbanankan sesuatu. Didalam ekonomi arti dari tulisan ini adalah opportunity cost dalam setiap memilih sesuatu maka akan ada sesuatu yang kita korbankan, bila kita membeli permen maka kita akan mengorbankan uang kita dan mengorbankan untuk tidak membeli ayam goreng. Dan didalam kepemimpinan arti dari tulisan ini adalah dalam menjalankan suatu organisasi tidak mungkin tidak mengorbankan sesuatu dalam menjalankan organisasinya untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.

            Setiap organisasi pasti mempunyai tujuan dan setiap tujuan pasti akan ada hasilnya. Bagaimana kita mendapatkan hasil bila kita tidak melakukan apa-apa? Maka dari itu setiap tujuan dari organisasi dibutuhkan pengorbanan atau biaya, bisa dalam bentuk uang, tenaga, waktu maupun pikiran. Tujuan dari organisasi ada bermacam-macam dan semua itu pasti memerlukan sesuatu untuk dikorbankan seperti bila perusahaan ingin mendapatkan laba yang besar, maka harus menjual barang dalam jumlah banyak dan mengorbankan waktu dan biaya yang banyak dalam memproduksi barang tersebut, lalu dalam menjual barang tersebut diperlukan tenaga yang banyak oleh pegawai dari perusahaan tersebut dan pikiran yang dicurahkan pemimpin perusahaan dalam mengatur agar penjualan barang hasil produksi dari perusahaan tersebut dalam terjual.

Pemimpin dalam organisasi adalah orang yang bertanggung jawab penuh dalam mencapai tujuan organisasi dan sewajarnyalah pemimpin yang mengatur pengorbanan apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil dari tujuan organisasi tersebut. Dalam Negara Indonesia Presiden adalah pemimpinnya disini Presiden mengorbankan pikiran dan tenaganya dalam mengatur Negara agar Negara dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang baik. Hasil dari Negara yang baik ada banyak yaitu penurunan garis kemiskinan, peningkatan kesehatan, peningkatan pendidikan, kenaikan GDP dan lain-lain yang berhubungan dengan kemakmuran Negara. Sama seperti dalam kepemimpinan di tingkat Badan Eksekutif Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (BEM PE FEUI) ketua BEM harus mengorbankan pikiran dan tenaganya dalam mengatur organisasinya untuk mencapai tujuan dari organisasi yaitu menjalin dan membangun komunikasi yang baik antar mahasiswa dan alumni, menciptakan nuansa kekeluargaan baik di internal BEM dan lingkungan UI, dan memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa ekstensi FEUI. Dalam mencapai ketiga tujuan tersebut Ketua BEM harus mengatur dan mengerahkan kabinetnya agar dapat mencapai ketiga tujuan dari BEM PE FEUI tersebut. Agar hasil yang didapatkan lebih baik maka pengorbanan/persiapan yang dilakukan harus semakin besar karena setiap pengorbanan yang besar akan menghasilkan hasil yang besar, bila tidak ada pengorbanan maka tidak akan ada hasilnya (no pain, no gain).

Oleh: Laksono Pujiwiyoto & David Susatyo (Calon Ketua & Wakil Ketua BEM PE FEUI Periode 2013)

Kata kunci pencarian:

jer basuki mowo beo, arti Jer Basuki Mowo Beyo, jer basuki mawa bea, arti jer basuki mawa bea, arti jer basuki mawa beya, semboyan jwa timur