BEM PE FEUI | Badan Eksekutif Mahasiswa Program Ekstensi FEUI
Extension FEUI News Channel
Banner GrandReunionPEFEUI.com



Newsletter

March 21, 2012

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

More articles by »
Written by: pe.fe_akuntansi2011
Tags: , , ,
681323

Bayangkan Jika temen-temen harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan, ditambah mengerjakan seabreg tugas kuliah, apalagi kita sebagai mahasiswa/i ekstensi kuliah malam, paginya kita harus melakukan aktivitas lagi, memang bisa jadi satu alasan yang membuat temen-temen berpikir 2 kali untuk kuliah sambil kerja. Boro-boro berpikir untuk menambah gelar di belakang nama, untuk mengasah keterampilan lewat kursus atau training saja belum tentu sempat. Apalagi jika status Anda sudah menikah dan memiliki anak! Cemas tidak bisa membagi waktu antara kerja dan kuliah, plus keluarga, bukanlah masalah yang tidak bisa dicari solusinya. “Keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk karir Anda. Memang stress bisa muncul saat menjalaninya. Tapi, dengan disiplin diri dan kecermatan membagi waktu, Temen-temen pasti bisa melewatinya dengan baik, “ . Berikut ini  ada beberapa tips agar Temen-temen dapat sukses bekerja sambil kuliah:

1. Kesiapan Diri. 
Cobalah bertanya pada diri sendiri, apakah temen-temen memiliki keinginan untuk menjawab kebutuhan masa depan. Jika Anda yakin, go for it!

2. Cari Dukungan Lingkungan.
Poin ini sangat penting dalam membantu temen-temen ketika kuliah. Dukungan lingkungan di sini adalah dari lingkungan kerja temen-temen. Sampaikan rencana temen-temen secara terbuka pada atasan/bos temen-temen. Selain bisa mendapat dukungan moril, beberapa perusahaan juga ada yang memberikan dukungan financial. Tentnunya, ada upaya tak and give. Misalnya, perusahaan akan sangat diuntungkan bila karyawan memiliki kemampuan lebih, memiliki pengetahuan unggul. Secara tidak langsung, hal ini dapat memajukan perusahaan. Lantas bagaimana dengan orang tua, suami/istri atau anak? Asal tahu saja, pengerian dan dukungan keluarga sangat membantu temen-temen untuk menyelesaikan kuliah.

3. Dukungan Finansial. 
Yang harus dpenuhi bukan hanya biaya pendidikan, tapi juga biaya lain, seperti buku, jurnal, bacaan pendukung, peralatan kuliah, laptop, kalkulator. Jangan sampai kuliah putus di tengah jalan gara-gara anggaran tak mencukupi. Ukur dulu kemampuan, tapi jangan pernah merasa rugi. Investasi ini yang pasti akan kembali.

4. Siap Belajar. 
Ketika kembali kuliah, persiapan diri untuk kembali belajar dan membuat tugas. Misalnya, bila ingin memilih bidang bisnis, tambahlah pengetahuan temen-temen tentang bisnis dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bisnis sedini mungkin. Jangan menunggu sampaik Anda masuk kuliah

5. Siapkan Mental.
Pekerjaan dan kuliah sama-sama menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Apabila persiapa mental kurang, putus sekolah di tengah jaln sangat mungkin terjadi. Mulailah pula belajar untuk trebuka terhadap argumentasi orang lain, bersaing secara sehat, serta berbagi dan bekerja sama.

6. Bijak Membagi Waktu. 
Temen-temen perlu membuat rencana 2 atau 3 langkah ke depan. Artinya, bila ada waktu, mulailah mencicil tugas-tugas Anda sebelum ‘jatuh tempo’. Sehingga bila di tengah jlan menghadapi halangan (karena ada tugas luar kota yang tak dapat ditinggalkan, atau ada keluarga yang sakit), tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Bila Temen-temen bisa membaca buku dalam perjalanan ke kantor atau mengerjakan latihan atau kuis sewaktu makan siang, lakukanlah, atau Temen-temen mencari waktu untuk belajar, Hari-hari libur juga dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas. Prinsipnya, gunakan waktu seefektif mungkin dan minta pengertian pada keluarga Temen-temen.

7. Cari teman belajar.
Menetapkan tujuan dengan sesama mahasiswa bisa menjadi cara untuk mengatasi hambatan kuliah dan meningkatkan motivasi. Menjalin pertemanan dengan orang baru merupakan bonus tambahan dalam pembelajaran orang dewasa.

8. Refreshing.
Waktu libur pun sebaiknya dipikirkan dengan baik, Meski hari-hari temen-temen dipadati oleh jadwal kuliah dan aktivitas kantor, sebisa mungkin,  jangan abaikan waktu untuk berisitirahat atau memanjakan diri Temen-temen dengan Refreshing. Hal ini cukup efektif untuk meng-charge motivasi dan semangat Temen-temen.

Memang, menjalani kuliah sambil bekerja merupakan hal yang sulit. Namun setelah dijalani, temen-temen akan mengetahui bahwa hal ini tidak sesulit yang temen-temen bayangkan. Dan jika temen-temen merasa sangat sulit membagi waktu, menjalani kuliah jarak jauh juga dapat menjadi pilihan. Metode distance learning sangat membantu karena temen-temen dapat bekerja dengan kecepatan sendiri tanpa terikat waktu tertentu. Belajar tidak harus mengambil alih hidup kamu. Semoga sukses dan bermanfaat!


About the Author

pe.fe_akuntansi2011





 

 
siak7

Tips Mengisi dan Mengubah Siak-Ng

Sistem Informasi Akademis merupakan sistem “Single Sign On” jadi kamu bisa mengakses semua layanan UI yang berbasis web base hanya dengan sat id. Nah, Untuk dapat menggunakan semua layanan online kampus, civitas academica p...
by chris7core
0

 




 
 

Developed & Designed by chris7core & Arham. Supported by Simplyecho.net