Academic

 

Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia atau disingkat PE-FEUI menyelenggarakan pendidikan lanjutan S1 di bidang Manajemen dan Akuntansi bagi para lulusan Diploma-III, Diploma-IV, Sarjana Muda.
PE-FEUI berdiri sejak 1956 dengan perintis Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo. Pada awal berdirinya, PE-FEUI menyelenggarakan hanya satu jurusan saja yaitu jurusan Manajemen di kampus Universitas Indonesia Salemba. Sejak tahun 1993, PE-FEUI mulai membuka perkuliahan di kampus Universitas Indonesia Depok. Pada tahun itu pula dibuka pertama kalinya jurusan Akuntansi.
PE-FEUI selalu melakukan perbaikan kurikulum dan silabus sesuai tuntutan pasar dan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era globalisasi. Dukungan pengajar dari kalangan akademisi dan praktisi bisnis serta fasilitas belajar mengajar yang baik di PE-FEUI telah berkontribusi besar dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sampai saat ini PE-FEUI telah meluluskan lebih dari 9000-an alumni yang tersebar di berbagai bidang pekerjaan di seluruh Indonesia.

Perkuliahan di Ekstensi  Ekonomi memiliki 2 penjurusan yaitu Akuntansi dan Manajemen.
Program Studi Ekstensi Akuntansi
Dirancang untuk menghasilkan akuntan profesional yang mempunyai keahlian dan pengetahuan umum di bidang akuntansi dan bisnis terkait. Namun kurikulum memberikan pilihan kepada mahasiswa untuk mengambil mata ajar pilihan sesuai dengan spesialisasi karier yang akan ditekuninya setelah lulus. Pilihan spesialisasi merupakan pendalaman suatu pegetahuan dan kemampuan profesional dengan tetap menghasilkan lulusan yang memahami dan kompeten dalam bidang akuntansi secara keseluruhan.

Program Studi Ekstensi Manajemen 
Dirancang untuk membekali para lulusan dengan seperangkat kemampuan dan keahlian dibidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan organisasi, serta operasi, sehingga memiliki kualifikasi untuk menempati beragam jenjang karier di bidang manajemen, baik di sektor swasta maupun sektor lainnya.

Khusus jurusan manajemen memiliki 9 peminatan yaitu :

Perkuliahan diselenggarakan di kampus UI Salemba dan Depok dengan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) yang dilaksanakan pada sore hingga malam hari. Program ini dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 5 (lima) semester / 6 semester.

Kurikulum Program S1 Ekstensi tediri atas beberapa kelompok  berdasarkan kategori :

  • Mata ajar wajib fakultas
  • Mata ajar wajib program studi
  • Mata ajar peminatan
  • Mata ajar pilihan
  • Karya Akhir (skripsi)

 

Batas maksimum pengambilan SKS per Semester

IPS Pada Semester sebelumnya Jumlah Pengambilan SKS Maksimum
Kurang dari 2.00 9
2.00 – 2.50 12
Lebih dari 2.50 15

 

Pengambilan Mata Ajar dan Karya Akhir

Pengambilan mata ajar dan karya akhir harus memenuhi ketentuan –kententuan berikut :

  1. Mata ajar dengan prasyarat hanya boleh ditempuh jika telah mengikuti ujian akhir semester dari mata ajar yang menjadi prasyarat dan memperoleh nilai minimal E
  2. Jadwal kuliah mata aja yang diambil termasuk asistensinya tidak boleh bentrok dengan mata ajar lainnya
  3. Mahasiswa dapat mengambil maksimal 15 sks dalam 1 semester termasuk  mata ajar yang ditempuh kembali untuk tujuan mengulan dan/atau perbaikan kembali
  4. Jumlah sks maksimal yang dapat diambil mahasiswa mulai semester ketiga (3) tergantung besarnya indeks prestasi semester (IPS) yang lalu Contohnya :  untuk pengambilan SKS pada semester 3 akan mengacu pada IPS semester 2, untuk pengambilan SKS pada semester 4 akan mengacu pada IPS semester 3.
  5. Jumlah mata ajar yang diambil untuk tujuan perbaikan nilai, maksimal 2 mata ajar dalam satu semester. Apabaila mahasiswa tidak lulus pada pengambilan yang kedua atau sesudahnya maka mahasiswa tersebut wajib mengulang sampai lulus. Nilai yang tidak lulus akan diperhitungkan dalam IPs dan mempengaruhi  jumlah maksimum SKS yang diambil disemester depannya dan tentunya IPK.
  6. Mahasiswa tidak diperkenankan mengambil mata ajar diluar yang diwajibkan. Apabila ketentuan ini dilanggar sebagai konseskuensinya mata ajar tersebut wajib di tempuh sampai lulus dan nilai yang diperoleh diperhitungkan dalam IPK
  7. Penyusunan karya akhir dapat di berlakukan apabila mahasiswa telah menyelesaikan mata ajar yang diwajibkan minimum telah lulus 51 SKS
  8. Mahasiswa manajemen yang memilih jalur karya akhir skripsi di persyaratkan sudah lulus mata kuliah Metode penelitian Bisnis dan Praktikum riset pemasaran atau Praktikum riset keuangan dengan nilai minimum B.
  9. Proposal skripsi harus diserahkan ke bagian akademik paling lambat pada minggu pertama perkuliahan. Proposal yang ditolak harus segera di perbaiki mahasiswa dan diserahkan  kembali paling lambat minggu ketiga perkuliahan. Untuk mahasiswa manajemen , topik skripsi yang disusun harus sesuai dengan bidang kekhususan yang telah dipilih
  10. Mata ajar yang tidak lulus, yang menjadi mata ajar prasyarat untuk mata ajar kelanjutan, harus diiulang sampai lulus
*Disadur dari Katalog Mata Ajar  Program Sarjana FEUI

 

Kata kunci pencarian:

program kerja badan eksekutif mahasiswa, skripsi akuntansi ui, soal ujian masuk ekstensi ui