Tips agar tampilan Blog atau Website Kamu Lebih Oke!

“Sharing is good, and with digital technology, sharing is easy.”-Richard Stallman

Siapa diantara kamu yang memanfaatkan teknologi digital seperti Blog atau Website untuk berbagi? Pasti jadi lebih lega ya karena tidak dibatasi oleh jumlah karakter tulisan. Kamu pun tidak hanya bisa sharing melalui tulisan, melainkan juga dapat sharing dengan video, foto, dsb.
Sekali kita sudah ‘terjun’ menggunakan internet untuk berbagi, tentunya kita harus sadar bahwa di dunia internet tidak ada yang namanya rahasia. Blog atau website kamu akan dikunjungi oleh ratusan orang yang kamu kenal maupun tidak kenal dari berbagai belahan dunia. Berbagi lewat blog atau website membuatmu jadi sadar tentang arti pengunjung blog atau website kamu.

Mungkin sebagian dari mereka akan menilai tampilan blog atau website kamu, ibarat seperti halnya saat memasuki sebuah toko, pasti mereka akan melihat tampilan luarnya sebelum melihat isinya, dan kamu pun sebagai pemilik toko gak pengen kan kalau yang berkunjung tidak tertarik atau bahkan ilfil (baca: ilang feeling) melihat tampilan blog atau website kamu. Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menghiasi dan bikin blog atau website kamu lebih oke! Seperti dengan menggunakan widget. Kelengkapan tools/ fitur yang diberikan dari web hosting yang kamu gunakan juga dapat mendukung penggunaan widget ini.
Widget adalah sebuah kotak berisi kode-kode yang dapat kamu pindahkan kedalam sidebar. Sidebar merupakan bagian penting dari layout sebuah website terutama WordPress. Mengetahui apa saja yang kamu simpan di sana akan sedikit membingungkan. Umumnya sebuah blog atau website yang baik itu haruslah bersih, rapi, dan tidak terlalu banyak hiasan. Hal tersebut agar blog atau website kamu terlihat profesional dan dapat meningkatkan kecepatan akses blog atau website. Ada beberapa widget yang sangat penting fungsinya untuk diperhatikan guna menghiasi sidebar kamu. Berikut ada tips tentang 3 widget penting tersebut dan bagaimana ketiganya membuat website atau blog kamu lebih baik. Simak yuk…

1. Search Box Widget
Search Box merupakan Widget paling penting di setiap sidebar blog atau website terutama WordPress, widget ini adalah yang paling sering digunakan dan menjadi persinggahan pertama setiap pengunjung blog atau website kamu. Search Box menyediakan kemudahan bagi pengunjung untuk menemukan konten yang mereka cari. Posisikan search box diatas widget lainnya di sidebar WordPress kamu.

2. Social Media Widget
Social Media Widget juga sangat penting, widget ini memberikan kesempatan pengunjung blog atau website untuk terhubung dengan kamu dan juga selalu terupdate dengan postingan atau aktivitas-aktivitas terbaru pada website kamu. Bahkan beberapa orang lebih menyukai mendapatkan update suatu postingan melalui media sosial mereka seperti Facebook dibandingkan melalui email.

3. Recent Posts Widget

Untuk memudahkan pengunjung mengakses postingan terbaru kamu, ketika mereka mencari konten kamu di mesin pencari lalu mengakses ke website-mu, biasanya yang paling pertama mereka lihat adalah sidebar. Beruntunglah bagi kamu yang menempatkan widget ini di sidebar, kemungkinan pengunjung mengakses semua postinganmu sangatlah besar.

Semoga bermanfaat.

—————————————————————